Skip to main content

Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Motor Mobil Yang Sudah Dijual harus Di Blokir, ini Caranya

Pajak Progresif 

cara melakukan blokir pajak agar tidak kena progresif terhadap motor atau mobil yang sudah dijual berikut syaratnya


Sudah dapat dipastikan bahwa setiap kendaraan motor maupun mobil, wajib membayar pajak tahunan. Tanpa terkecuali, semua pemilik kendaraan memiliki kewajiban yang sama untuk membayar pajak tersebut. Dan ada ketentuan baru tentang pajak yaitu pajak progersif. Pajak ini ditentukan dari jumlah kendaraan yang di miliki seseorang atau bisa juga karena alamat yang sama. Semakin banyak kendaraan yang dimiliki seseorang maka tentu saja, beban pajak cukup besar. Lalu bagaimana jika kendaraan kita sudah dijual tetapi belum dibalik nama oleh si pembeli? Pajak progresif motor mobil sudah dijual apa masih dibebankan ke kita?

Mobil atau motor yang sudah dijual tetapi pembeli tak kunjung melakukan balik nama kendaraan, tentu saja pajak progresifnya masih berlaku dan di bebankan kepada kita. Ini bisa dilihat pada kendaraan yang kita miliki dan tentu saja pajaknya menjadi lebih besar dari yang seharusnya.

Misalkan si A menjual sepeda motor kepada pembeli, selang beberapa bulan kemudian Si A tadi membeli kendaraan baru dengan stnk dan BPKB atas nama nya sendiri. Tentu saja dari sini sudah terkena pajak progresif jika pada saat tersebut pembeli kendaraan lama tidak melakukan balik nama motor tersebut.

Cara Memblokir Stnk Motor Atau Mobil Yang Sudah Dijual

Agar tidak kena pajak progresif tersebut caranya adalah dengan melakukan pemblokiran pajak dari kendaraan yang sudah dijual. Blokir pajak untuk kendaraan lama ini dilakukan di kantor samsat tempat kendaraan kita terdaftar. 

Pemblokiran ini tidak dikenakan biaya apapun, cukup mengisi form kendaraan yang sudah dijual. Ini memaksa pemilik kendaraan yang telah kita jual tersebut untuk melakukan balik nama sntk dan BPKB kendaraan . Karena sudah tidak bisa dilakukan pembayaran pajak lagi ditahun berikutnya setelah kita melakukan pemblokiran pajak tersebut.

Syarat Blokir Pajak

Besaran pajak progresif ditentukan berdasarkan nama dan domisili atau minimal sesuai data yang ada dikartu keluarga. Jadi pajak ini dikenakan pada satu keluarga yang memiliki lebih dari satu kendaraan.

Adapun syarat pemblokiran stnk untuk pajak ini adalah :
1. Isi form blokir dengan matrai
2. Foto copy KTP/ SIM
3. Foto copy kartu keluarga
4. Data kendaraan yang telah dijual atau STNK
5. Salinan pajak




Comments