Skip to main content

BPKB Masih Di Gadai Di Lakukan Balik Nama, Atau Sering Disebut BBN Gantung

BBN Gantung

Proses BBN gantung biasanya dilakukan pada kendaraan masih dalam kredit dan balik nama bpkb masih di leasing dibantu oleh finance tersebut


Terkadang membeli kendaraan secara second namun masih kredit, BPKB dan STNK nya tentu saja masih nama orang lain. Dan ini bisa dilakukan pada saat pengajuan kredit sekaligus dengan biaya tambahan ditanggung nasabah tentu nya. Namun ada beberapa nasabah yang enggan melakukan balik nama sekalian mungkn karena melihat biayanya. Untuk meringankan biaya biasanya hanya dilakukan balik nama terhadap STNK saja. Ini biasa disebut dengan istilah BBN gantung. Dan umumnya balik nama BPKB masih di leasing dilakukan dan dibantu prosesnya oleh phak leasing tersebut.

BBN gantung umumnya memang dilakukan pada kondisi kendaraan masih dalam masa kredit. Dan ini boleh - boleh saja dilakukan, nanti setelah lunas baru kemudian BPKB nya di balik nama sekaligus. Dan biasanya juga prosesnya dibantu oleh pihak leasing karena proses ini memerlukan BPKB asli sebagai syarat utama nya.

Balik nama BPKB di Leasing dibantu pihak leasing lebih mudah

Syarat balik nama harus ada BPKB asli memang sudah ketentuan yang wajib. Tanpa BPKB tentu tidak akan bisa dilakukan, baik itu untuk balik nama STNK saja atau BBN Gantung. Dan ini menjadi kendala ketika kendaraan tersebut masih berada di leasing sebagai jaminan kredit. Tentulah pihak leasing tidak akan memberikan BPKB asli tersebut dengan mudah tanpa melunasi terlebih dahulu. 

Salah satu jalan adalah dengan meminta bantuan pihak finance atau leasing untuk pengurusannya. Dan ini bisa saja dilakukan dan memang ini jalan satu-satu nya yang bisa dilakukan. Dan tentu saja hal ini ada biaya tambahan diluar biaya balik nama sendiri. 

Cek biaya balik nama dari leasing

Besaran jasa pengurusan balik nama biasa akan di informasikan terlebih dahulu oleh pihak leasing. Silahkan pertimbangkan jika dirasa terlalu besar, bisa dipikir terlebih dahulu. Namun jika dirasa wajar saja, silahkan dilanjut prosesnya.

Biasanya pun rincian biaya akan ada sendiri, dan pasti tertera di STNK. Dari sini nanti akan terlihat besaran biayanya diluar biaya jasa pengurusannya.

Jadi pengurusan balik nama dengan BPKB masih di leasing dilakukan bisa dilakukan hanya dengan melalui bantuan pihak leasing. Kecil kemungkinannya pihak leasing akan memberi pinjaman BPKB asli kepada nasabah yang kendaraan masih dalam massa kredit.


 

 

Comments