Skip to main content

Pelunasan Awal Atau Dipercepat Untuk Pinjaman Kredit Gadai BPKB, Apakah Ada Potongan???

Pelunasan awal

Keuangan seseorang sangatlah tidak bisa ditentukan dengan angka pasti. Bisa saja bulan ini turun bsok meningkat, atau bahkan stabil dan berbagai kemungkinan lainnya. Dalam hal kredit kendaraan juga begitu, bisa saja tahun ini ambil atau pinjam dana tahun kemudian memiliki keuangan lebih sehingga bisa pelunasan awal atau dipercepat untuk kredit tersebut.

Pelunasan awal atau dipercepat untuk pinjaman kredit gadai bpkb kendaraan motor dan mobil bisa kena penalty yang cukup besar 1% sampai 7%
Pelunasan awal atau dipercepat memiliki hitungannya sendiri. Tentu saja kita sebagai nasabah sebuah finance atau leasing menginginkan ada potongan atau discount. Perhitungan pelunasan ini berbeda-beda tiap leasing, dan rata-rata memang sudah memiliki ketentuan sendiri.

Perhitungan pelunasan awal yang tidak mencekik biasanya adalah sisa pokok hutang ditambahkan dengan pinalty dan biaya administrasi dan juga denda keterlambatan jika ada. Penalty disini arti nya kewajiban kita membayar sejumlah uang karena melanggar yang sudah disepakati bersama (dalam hal ini pelunasan dipercepat). 

Penalty yang diberikan itu biasanya berkisar 1% sampai 7%, sekali lagi ketentuan tiap finance berbeda-beda. Penalty tersebut dikalikan dengan sisa hutang pokok dari nasabah. Penalty setiap finance ada yang sudah ditentukan mutlak dan tidak bisa di nego, namun ada juga yang flexible yang bisa di negosiasi.

Pelunasan dipercepat dengan perhitungan yang mencekik.

Ada juga finance yang masih menerapkan system dengan perhitungan yang sangat tidak masuk akal. Yang membebankan seluruh biaya kepada nasabahnya. Perhitungan yang mencekik tersebut adalah sisa angsuran dikalikan sisa tenor ditambah penalty ditambah biaya administrasi ditambah denda keterlambatan jika ada.

Perhitungan seperti in tentu saja sangat merugikan nasabah, tidak ada diskon malah ditambah penalty. Jika pun ada diskon paling besarannya hanya berkisar 100 ribu sampai 500 ribu. Maka hindarilah perhitungan seperti ini, lebih baik nego terus sampai kita rasa perhitungannya wajar.

Oleh karena itu, lebih baik berpikir matang sebelum melakukan kredit dengan gadai BPKB ataupun kredit kendaraan baru maupun bekas.



Comments