Skip to main content

Over Kredit Mobil Atau Motor Jangan Sembarangan, Ini Cara Amannya!!!

Over Kredit

Mudah nya kepemilikan motor maupun mobil dengan cara kredit dp yang minim membuat cukup meningkatkan penjualan. Pengambilan tenor yang cukup lama hingga 5 tahun untuk mengejar angsuran murah terkadang menjadikan masalah sendiri. Angsuran dengan tenor cukup lama, dan kondisi ekonomi seseorang yang kadang berubah, membuat banyak nasabah menunggak angsuran. Dan ini kemudian dicari alternativ lain dengan over kredit mobil atau motor ke orang lain.

Tak hanya dalam kredit kendaraan baru, pinjaman dana tunai dengan gadai BPKB pun proses mudah dan cepat terkadang menimbulkan masalah baru pula. Tenor untuk gadai BPKB ini pun bisa hingga 4 tahun untuk mobil dan 2 tahun untuk motor. Perjalanan kedepan cukup banyak yang ekonomi atau keuangan yang turun. Dan menunggak angsuran menjadi pilihan. Solusi lain adalah lagi-lagi over kredit.


Over kredit motor atau mobil memang mudah, tinggal sepakat dengan harga atau segala sesuatu nya sudah selesai. Namun apakah ini aman untuk kita sendiri, belum tentu dan sudah sangat pasti tidak aman. Hal semacam ini sering disebut dibawah tangan, artinya tanpa sepengetahuan pihak leasing. Ini berarti tetap nama kita lah yang masih memiliki tanggungan di Leasing tersebut. Maka dengan otomatis tanggung jawab angsuran dan segala yang terjadi masih menjadi tanggung jawab kita.

Jadi kedepannya, jika mobil atau motor tersebut hilang, atau yang pegang kendaraan tersebut tidak bayar angsuran kita lah yang akan ditagih dan wajib bayar. Bila tak mampu bayar wajib serahkan kendaraan tersebut.

Pindah kredit yang aman bisa dilakukan dengan sepengtahuan leasing. Ini artinya finance tersebut akan membantu bagaimana proeses over alih kredit tersebut ke orang kita setujui. Dan nanti nama kreditur nya sudah bukan nama kita lagi. Ini sangat aman karena sudah tidak lagi nama kita yang menanggung angsuran dan kredit tersebut.

Jadi berhati-hati dalam melakukan over alih kredit ini, meskipun itu teman dekat atau saudara. Pindah kredit resmi akan lebih baik dan sangat dianjurkan. Karena dalam perjanjian kredit pada finance pun biasanya ada pasal yang melarang kita untuk memindah tangan kan kendaraan kepada siapapun selama belum lunas.

Comments