Skip to main content

Kenapa Pengajuan Pinjaman Gadai BPKB Bisa Di Tolak Leasing?

Gadai BPKB Di Tolak

Alasan kenapa pinjaman gadai BPKB motor mobil di tolak leasing dan cara pengajuannya kembali agar disetujui dan bisa cair


Tak selamanya pengajuan pinjaman itu selalu disetujui dan bisa cair, Ada cukup banyak yang tidak approve. Baik itu pinjaman dengan jaminan BPKB motor maupun mobil. Di tolak di satu finance bukan berarti data kurang bagus atau konsumen tidak sesuai ketentuan. Ada banyak alasan yang mungkin bisa menjadikan sebuah pengajuan pinjaman gadai BPKB di tolak leasing atau finance.

Di approve atau di tolak sebuah pengajuan memang itu merupakan hak nya perusahaan. Sebagai calon nasabah tak bisa kita paksakan harus di setujui dan dicairkan. Dan setiap yang di riject atau ditolak ini, pastilah memiliki alasan yang kuat untuk penolakan tersebut.

Alasan penolakan pengajuan Pinjaman gadai BPKB motor mobil yang biasa terjadi.

Berikut ini, sedikit ulasan alasan sebuah finance tentang penolakan pinjaman.

1. Kapasitas Kurang

Kemampuan financial seseorang bisa sangat menentukan proses approvel. Ini bisa dilihat dari data keuangan yang sudah diberikan pada saat survey dan saat verifikasi lewat telpon oleh analys credit. Melalui keterangan penghasilan dan juga history buku tabungan ini sudah bisa dilihat keuangan sesorang.

2. Tidak kooperatif

Setiap orang berbeda karakter bahkan pada saat pengajuan pinjaman pun, ada saja calon nasabah yang menunjukan sikap dan sifat kurang dinilai kurang bagus. Hal ini sangat berpengaruh juga pada saat approvel. Misalnya saja, pada saat survey atau pun verifikasi telfon kurang menghargai atau bahkan cenderung meremehkan atau sikap tidak baik lainnya. 

3. Data tidak sesuai 

Persyaratan Pinjaman gadai BPKB yang telah diberikan akan di verifikasi melalui telpon. Jika data yang dberikan tidak sesuai dengan jawaban pada saat survey sudah pasti akan menjadi pertanyaan negatif dari team analys. Dan ini juga bisa menjadi alasan penolakan kredit pinjaman ini.

4. Kendaraan bukan milik nya

Sudah sangat dipastikan ini akan langsung ditolak, bahkan pada saat survey bisa langsung ditolak sama marketing. Karena sejatinya kendaraan yang dijadikan agunan ini wajib milik sendiri.

5. Kredit atas nama

Ini pun sering terjadi, dimana orang yang butuh dana tidak berani menggunakan data nya untuk pengajuan. Dengan berbagai alasan orang yang butuh dana dan pemilik kendaraan ini tidak mau dia sendiri yang jadi pemohon. Biasanya ini dikarenakan tidak ingin diketahui pasangan atau orang tua atau bisa juga alasan lainnya.

6. Cek lingkungan

Lingkungan sekitar cukup juga menentukan approvel atau pencairan. Biasa sebelum atau setelah survey, marketing mencoba mencari tahu tentang nasabah. Dengan cara menanyakan seputaran pertanyaan yang umum, seperti benar nama ini tinggal disini dan memiliki kendaraan ini atau bisa juga pertanyaan yang lain.

7. Bi Cheking

Sekarang pengajuan untuk jaminan BPKB mobil wajib clear BI cheking. Malah sekarang ditambah lagi dengan Pefindo atau lembaga yang mengawasi seluruh kredit ini mencatat semua catatan riwayat kredit kita. Dan jika buruk sudah dipastikan akan ditolak.

Diatas adalah sedikit dari beberapa alasan yang menjadikan pengajuan kredit BPKB ditolak finance. 

Banding saat ditolak

Ini bisa dilakukan oleh cabang tempat pengajuan. Dan tentu saja dengan pertimbangan cabang karena nasabah tersebut dinilai layak untuk mendapatkan pinjaman. Namun disini tetap keputusan ada pada perusahaan tersebut. Nasabah juga tidak bisa ikut campur pada saat banding dilakukan. Paling mungkin hanya melengkapi berkas atau data yang dinilai bisa menjadi nilai plus pada saat banding.

Pengajuan ditolak atau pun baru mau pengajuan kredit, silahkan konsultasikan disini :

Comments