Skip to main content

Nahhh ini dia, Syarat Membuat SIM Sebenarnya Mudah Tanpa Calo

SIM

SIM atau surat izin mengemudi merupakan hal yang wajib dimiliki setiap pengendara kendaraan, Baik itu mobil, motor, truk dan lain sebagainya. Sebagai hal yang wajib tentulah ada sangsi bila SIM tidak dimiliki oleh pengguna kendaraan. Sangsi tersebut biasanya berupa tilang atau tindakan pelanggaran oleh aparat jika diketahui berkendara tetapi belum memiliki atau tidak membawa SIM tersebut. Pengguna kendaraan bermotor tampaknya yang lebih sering melakukan pelanggaran ini.

Syarat membuat SIM agar cepat selesai dan jadi
Karena memang kendaraan yang satu ini seolah menjadi favorit masyarakat dalam transfortasi. Berbagai alasan untuk penggunaan kendaraan roda dua ini, yang jelas motor ini bisa lebih mempercepat waktu bila dibandingkan dengan mobil misalnya. Jika ingin cepat sampai tentu lebih memilih motor dibandingkan mobil.

SIM motor ini dikategorikan dengan SIM C, lalu bagaimana syarat membuat SIM tersebut? berikut penjelasan singkatnya.
  1. Usia minimum 17 tahun dan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Sehat jasmani dan rohani agar nantinya bisa mendapatkan surat keterangan sehat.
  3. Saat datang ke Polres harus berpenampilan rapi, dan bersepatu (tidak diperkenankan memakai sandal).
  4. Mengisi formulir permohonan tertulis
  5. Bisa baca tulis
  6. Membayar syarat Adminstratif
  7. Memiliki pengatuhuan mengenai peraturan lalu lintas dan dasar mengendarai sepeda motor
  8. Menyiapkan diri untuk tes ujian praktek dan teori sesuai prosedur yang nantinya ditentukan saat membuat SIM
Siapkan Berkas yang Diperlukan

Salah satu berkas yang wajib adalah KTP dan surat kesehatan dari dokter. Surat kesehatan dari dokter biasanya bisa didapat dari tidak jauh dari tempat kita bikin SIM ini. Biaya pembuatan nya biasanya sekitar Rp. 30.000. Dan jangan lupa menyiapkan biaya pembuatan SIM C sebesar Rp. 100.000

Mengisi Formulir

Mintalah Formulir pada petugas tempat anda membuat SIM ini. Isilah sesuai yang dipinta pada formulir kemudian serahkan kepetugas.

Ujian teori

Pada tahap ini, anda diwajibkan memiliki wawasan tetang seputar berkendara dan kendaraan, karena uji teori ini akan mengisi pertanyaan seputar lalulintas. Minimal salah sepuluh dari semua pertanyaan pilihan ganda yang tersedia, maka bisa lolos ke proses selanjutnya.

Ujian Praktek

Nahh ini yang sangat menetukan, kita harus melewati rintangan yang telah disiapkan tanpa kaki menyentuh tanah. Jika dinyatakan gagal, bisa mengulang seminggu ke depan. Begitu seterusnya sampai kita dinyatakan lulus tes in.

Pengambilan Photo

Setelah dinyatakan lulus pada ujian praktek, selanjutnya adalah pengambilan photo untuk tampilan SIM. Sangat dianjurkan untuk berpakaian rapih. Dan setelah itu selesai. Jadi deh SIM C nya

Comments