Skip to main content

Mengapa Gadai Bpkb Wajib Di Gesek Nomor Rangka Dan Mesin???

Gesek Nomor Rangka Dan Mesin


Salah satu hal yang paling wajib dilakukan dalam pengajuan pinjaman dengan cara gadai bpkb motor atau pun mobil adalah gesek nomor rangka dan mesin. Tanpa ini, bisa dipastikan pengajuan akan ditolak. Mengapa ini menjadi syarat wajib untuk pencairan??

Nomor rangka dan mesin merupakan identitas asli yang telah terdaftar di instansi ataupun dinas terkait. Dan nomor ini satu dengan yang lainnya tak akan mungkin sama. Terdiri dari kombinasi huruf dan angka baik itu nomor rangka atau pun mesin. Atau istilah yang lebih mudah adalah nomor tersebut seperti Ktp nya sebuah kendaraan.

Setiap gadai bpkb motor mobil wajib dilakukan cek fisik kendaraan berupa gesek nomor rangka dan mesin

Gesek nomor rangka dan mesin dalam istilah leasing adalah cek fisik kendaraan (samsat pun memakai istilah ini). Biasa cek fisik ini juga dilakukan foto unit kendaraan dan juga foto nomor rangka dan mesin tersebut. Bahkan ada beberapa finance yang juga wajib menyertakan video yang direkam yang menunjukan kondisi kendaraan.

Tak hanya dalam gadai bpkb motor atau mobil, cek fisik juga dilakukan ketika kita akan ganti plat kendaraan yang telah habis wajib dilakukan dikantor samsat (plat 5 tahunan).

Hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa kondisi kendaraan yang bpkb nya akan di agunkan dalam keadaan layak dan baik. Tidak dalam kondisi rusak ataupun bekas kecelakaan. Cek nomor rangka dan mesin juga untuk memastikan bahwa nomor tersebut yang tertera di Bpkb sama dengan yang ada di fisik kendaraan.

Jika nomor tersebut berbeda dengan yang tertera di bpkb, bisa di pastikan itu adalah unit yang berbeda, dan bpkb nya bukan untuk kendaraan tersebut. Karena ada banyak kendaraan yang serupa baik itu warna atau pun ciri fisik lainnya yang sudah pasti sangat mirip.

Semua finance atau lembaga pembiayaan lainnya pasti melakukan hal ini.




Comments