Friday, November 17, 2017

Cara Cetak atau Print Kartu BPJS Secara Online Tanpa Antri

Kartu BPJS

Program kesehatan dari pemerintah yang sedang digalakan adalah BPJS. Program ini sudah menjadi hal yang wajib untuk seluruh rakyat indonesia. Tujuan nya adalah agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan murah dan tentu saja agar rakyat indonesia sehat dan sejahtera semua.

Pendaftaran untuk menjadi peserta pun cukup mudah, dengan membawa persyaratan seperti copy Ktp dan kartu keluarga kaya mau gadai bpkb ya ..heeee...dibawa saat melakukan pendaftaran dikantor BPJS terdekat dikota anda. Cuma yang jadi kendala jumlah peserta yang mendaftar begitu banyak sehingga antrian disetiap kantor BPJS cukup panjang dan selalu penuh.




Hal ini membuat tidak nyaman, nahh kabarnya pendaftaran bisa dilakukan secara online (waktu itu saya sndiri daftar dikantor, jadi belum pernah melakukan pendaftaran secara online). Pendaftaran secara online bisa dilakukan melalui website bpjs-kesehatan.go.id atau bisa dilakukan di aplikasi android mobilejkn.

Yang akan dibahas adalah cara print atau cetak kartu BPJS secara online. Dari pengalaman saya mendaftarkan Anak saya yang kedua melalui kantor BPJS tidak langsung mendapatkan kartu. Dan memang begitu peraturan nya, setelah daftar dikantor kita mendapatkan sms dari BPJS yang isi nya info bahwa kita telah terdaftar dan tertera nomor peserta. Setelah itu kita wajib melakukan pembayaran dan info nya setelah pembayaran kartu peserta nya akan dikirim sesuai alamat selama 14 hari kerja (kenyataannya sampai 2 bulan ga dikirim-kirim).

Karena sudah 2 bulan tidak dikirim-kirim ( mungkin tidak akan dikirim) saya datangi kembali Kantor BPJS, dan ternyata harus diprint oleh petugas, yang setelah saya cek kebagian print yang antri membludak hanya untuk print kartu. Tidak sabar menunggu saya tanya kepetugas, apa bisa di print secara online, oleh petugas dijelaskan bisa.

Searching gugel cari nomor call center, dapet juga 1500 400. Telpon dijelaskan kalau kita wajib Download aplikasi mobilejkn diandroid.  Download selesai akhir nya kebuka, kita wajib registrasi  dengan nomor kartu peserta yang akan kita print, saat itu saya masukan kartu peserta anak saya. Tadi nya saya daftar nomor peserta saya tapi ternyata ternyata aplikasi itu untuk satu peserta artinya tidak ada data anak istri saya di aplikasi tersebut.

Setelah registrasi kemudian ada beberapa pilihan ada Peserta, Ubah Data peserta, Kartu Peserta, Pendafaran peserta. Pilih kartu peserta kemudian akan tertera kartu peserta yang telah kita daftarkan. Kemudian dibawah ada logo email kita klik dan kartu akan dikirim ke email yang kita masukan tadi.
Settelah masuk ke email silahkan download file nya. Dan print. Selesai.

Demikian cara mencetak kartu BPJS melalui online tanpa harus antri. Semoga bermanfaat...


Ini adalah tampilan aplikasi nya..
www.bpkbjaminan.com

Ini tampilan isi aplikasi nya, Pilih kartu peserta

www.bpkbjaminan.com



Post a Comment